Konsep dan Strategi Pemasaran Jasa
1. Definisi Pemasaran Jasa
Pemasaran adalah aliran produk secara fisis dan ekonomik dari
produsen melalui pedagang perantara ke konsumen. Definisi lain menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu
proses sosial dan manajerial yang membuat individu/kelompok mendapatkan apa
yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan
mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain
Sedangkan, jasa adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat
ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud
dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. Produksinya dapat dikaitkan atau
tidak dikaitkan pada satu produk fisik
2. Karakteristik Jasa
a. Intangibility (Tidak berwujud)
Sebagian pasar menawarkan sesuatu
dalam bentuk kombinasi antara elemen berwujud dan elemen tidak berwujud. Hal
ini dapat membedakan klasifikasi antara barang dan jasa. Jasa mempunyai sifat
tidak berwujud karena tidak bisa diidentifikasi oleh ke lima indera manusia,
seperti: dilihat, dirasa, diraba, didengar, atau dicium sebelum terjadi proses
transaksi pembelian. Untuk memasarkan jasa ini diperlukan pemikiran yang lebih
jauh bagi para pelaksana dibandingkan dengan pemasaran barang.
b. Inseparability (tidak dapat dipisahkan)
Jasa, diproduksi dan dikonsumsi
dalam rangka waktu yang sama.Jasa tidak dapat dipisahkan dari sumbernya, apakah
sumber itu merupakan orang maupun mesin, disamping itu apakah sumber itu hadir
atau tidak, produk fisik yang berwujud tetap ada. Dalam pemasaran jasa, yang penting
ialah bagaimana menyalurkannya dalam cara yang tepat (in the “right way”).
c. Variability (Berubah-ubah)
Jasa dapat mudah berubah-ubah
karena jasa ini tergantung berdasarkan
orang(people based), dan berdasarkan
perlengkapan(equipment based). Implikasi dari perbedaan ini
ialah “outcomes” atau hasil jasa berdasarkan orang(people based) jasa kurang memiliki standardisasi,
dibandingkan dengan outcomes dari jasa
yang berdasarkan perlengkapan(alat).
d. Perishability (Daya tahan)
Jasa tidak dapat disimpan dan tidak
memiliki daya tahan yang lama karena
sifatnya tergantung dari fluktuasi permintaan.
3. Macam-macam jasa
a. Personalized services
Personal services adalah jasa yang
sangat mengutamakan pelayanan orang dan perlengkapannya, seperti tukang cukur,
salon kecantikan, laundry, foto. Personalized services dapat digolongkan lagi
kedalam 3 golongan yaitu:
Sementara itu, yang sangat perlu
diperhatikan dalam pemasaran jasa antara lain adalah, lokasi yang baik,
menyediakan fasilitas dan suasana yang menarik, serta nama baik yang
bersangkutan. Dalam marketing personal services diusahakan supaya timbul
semacam patronage motive yaitu keinginan untuk menjadi langganan tetap.
Contohnya patronage ini bisa timbul di dalam usaha laundries, karena
kebersihan, layanan yang ramah tamah serta baik, dan sebagainya.
b. Financial services
c. Public utility and Transportation services
Mempunyai monopoli secara alamiah,
misalnya perusahaan listrik, air minum. Para pemakainya terdiri dari: Domestic
consumer (konsumen lokal), Commercial and office (perkantoran dan perdagangan),
Municipalities (kota praja, pemda).
Sedangkan dalam transportation services, meliputi: angkutan kereta api, kendaraan umum, pesawat udara, dsb. Pelayanan disini ditujukan untuk angkutan penumpang dan angkutan barang.
Sedangkan dalam transportation services, meliputi: angkutan kereta api, kendaraan umum, pesawat udara, dsb. Pelayanan disini ditujukan untuk angkutan penumpang dan angkutan barang.
d. Entertainment
Yang termasuk dalam kelompok ini
adalah usaha-usaha dibidang olahraga, bioskop, gedung-gedung pertunjukan, dan
usaha-usaha hiburan lainnya. Metode marketing yang dipakai adalah sistem
penyaluran langsung dimana karcis dijual di loket-loket.
e. Hotel services
Hotel merupakan salah satu sarana
dalam bidang kepariwisataan. Dalam hal ini hotel perlu mengadakan kegiatan
bersama dengan tempat-tempat rekreasi, hiburan, travel biro, dan sebagainya.
4. Sifat-sifat Pemasaran Jasa
a. Menyesuaikan dengan selera konsumen
Gejala buyer’s market dimana pembeli
berkuasa memperlihatkan suasana pasaran jasa pada saat ini. Kualitas jasa yanng
ditawarkan tidak dapat dipisahkan dari mutu yang menyediakan jasa (high
contact). Pada usaha jasa yang memakai banyak tenaga orang, harus diberi
perhatian khusus terhadap mutu penampilan orang tersebut.Dalam industri high
contact, pengusaha harus memperhatikan hal- hal yang bersifat internal, bukan
eksternal.
b. Keberhasilan pemasaran jasa dipengaruhi oleh jumlah pendapatan
penduduk
kenyataannya makin maju sebuah negara,
makin banyak permintaan akan jasa. Hal ini sehubungan dengan hierarki kebutuhan
manusia yang mula- mula hanya membutuhkan terpenuhinya kebutuhan fisik,
kemudian menginjak pada kebutuhan yang lebih abstrak, yaitu kebutuhan akan
jasa. Pada pemasaran jasa tidak ada pelaksanaan fungsi penyimpanan Jasa
diproduksi bersamaan dengan waktu konsumsi, jadi tidak ada jasa yang dapat
disimpan.
c. Mutu jasa dipengaruhi oleh benda berwujud (perlengkapannya)
Jasa sifatnya tidak berwujud, karena
itu konsumen akan memperhatikan benda berwujud yang memberi layanan., sebagai
patokan terhadap kualitas jasa yang ditawarkan. Tugas utama pengusaha jasa
adalah mengelola bneda berwujud tersebut agar memberikakan jasa yang memuaskan,
sehingga konsumen diberi bukti yang meyakinkan bahwa jasa yang ditawarkannya
adalah jasa nomor satu.
d. Saluran distribusi dalam marketing jasa tidak begitu penting
Mengenai saluran distribusi dalam
marketing jasa tidak merupakan hal yang penting karena pada umumnya dalam marketing
jasa perantara tidak digunakan. Terkadang daya tarik terhadap jasa yang
ditawarkan dapat dicapai dengan cara menyalurkan jasa tersebut melalui lembaga
usaha yang sudah terkenal.
e. Beberapa problema pemasaran dan harga jasa
Semakin maju rakyat desa, makin
meningkat kebutuhannya akan pelayanan kesehatan, mereka mulai membutuhkan
tenaga dokter dan spesialis. Faktor tingkat pendidikan masyarakat juga
mempunyai peranan penting. Kemudian masalah harga dari jasa, sangat babnyak
ditentukan oleh orang atau lembaga yang menghasilakan jasa.
5. Strategi Pemasaran Jasa
a. Pemasaran Eksternal (Memikat
Langganan)
Pemasaran eksternal menggambarkan
aktivitas normal yang dilakukan dalam mempersiapkan produk, menetapkan harga,
melakukan distribusi informasi dan mempromosikan produk jasa yang bernilai
superior kepada para pelanggan. Salah satu kunci strategi pengusaha- pengusaha
jasa adalah menentukan situasi lingkungan. Perusahaan juga harus menjaga
hubungan baik dalam jangka panjang dengan konsumen.
b. Pemasaran intern (internal marketing)
Pemasaran intern artinya
mengaplikasikan setiap aspek marketing di dalam perusahaan, dan menerapkan
teori dan praktek pemasaran, terhadap orang yang melayani langganan,jadi:
v harus dipekerjakan dan dipelihara tenaga kerja yang terbaik.
v Mereka harus bekerja sebaik mungkin.
c. Mengelola Bukti( managing evidence)
berarti mengelola peralatan yang
menghasilakan jasa
Tugas utama pengusaha jasa ialah
mengelola benda berwujud tersebut agar memberikan jasa yang memusakan. Banyak
cara dapat ditempuh oleh pengusaha jasa untuk mengelola bukti:
Ø Mendisain fisik.
Ø Penampilan rupa.
Ø Harga jasa.
Ø Mengaitkan pemasaran jasa melalui nama perusahaan yang sudah
terkenal.
d. Membuat Jasa Berwujud
Menyeimbangkan Penawaran dan
Permintaan
Pengusaha jasa yang ingin
menyesuaikan penawaran dan permintaan dapat mencoba merubah pola permintaan dan
penawaran jasanya, dengan cara:
Ø Memperbanyak Jenis Permintaan.
Ø Memperbanyak Jenis Penawaran.
e. Marketing MIX Pemasaran Jasa
PRODUCT
PRICING
PLACE
PROMOTION
PEOPLE
PROCESS
CUSTOMER SERVICE
sangat detil dan komplit..terima kasih gan...semoga bermanfaat
BalasHapushttp://bantulkamera.blogspot.com/
Grafologi = ilmu menganalisa potensi kepribadian seseorang melalui tulisan tangannya.
BalasHapusIna,s.psi, M.Psi,CHA
psikolog, grafolog dan dosen di USU.
Phone : 081397080831
081262626161
Email : Bundaina7@yahoo.Com
Kantor : JL.Bromo Ujung no.226
(Komp.Ruko Hijau) Kec.Medan Area
Medan - Sumatera Utara
lho blognya mbak anis
BalasHapuseh mas iqbal, thanks yah udah baca blog ku. buat yang lain moga bermanfaat ...
BalasHapusBermanfaat juga artikelnya... mantapp. Makasih
BalasHapusPersewaan alat pesta & tenda dekorasi surabaya @tendadekorasisurabaya
http://tendadekorasisurabaya.blogspot.co.id/2016/01/harga-persewaan-alat-pesta-surabaya.html?m=1
JASA PEMBUATAN BOOTH EVENT & STAND PAMERAN SURABAYA @rumahpameransurabaya
http://rumahpameransurabaya.blogspot.co.id/2016/01/price-list-event-wedding-properties.html?m=1
Bermanfaat juga artikelnya... mantapp. Makasih
BalasHapusPersewaan alat pesta & tenda dekorasi surabaya @tendadekorasisurabaya
http://tendadekorasisurabaya.blogspot.co.id/2016/01/harga-persewaan-alat-pesta-surabaya.html?m=1
JASA PEMBUATAN BOOTH EVENT & STAND PAMERAN SURABAYA @rumahpameransurabaya
http://rumahpameransurabaya.blogspot.co.id/2016/01/price-list-event-wedding-properties.html?m=1
Bermanfaat juga artikelnya... mantapp. Makasih
BalasHapusPersewaan alat pesta & tenda dekorasi surabaya @tendadekorasisurabaya
http://tendadekorasisurabaya.blogspot.co.id/2016/01/harga-persewaan-alat-pesta-surabaya.html?m=1
JASA PEMBUATAN BOOTH EVENT & STAND PAMERAN SURABAYA @rumahpameransurabaya
http://rumahpameransurabaya.blogspot.co.id/2016/01/price-list-event-wedding-properties.html?m=1