Pages

Minggu, 12 Mei 2013

konsep dan strategi pemasaran jasa


Konsep dan Strategi Pemasaran Jasa
1.       Definisi Pemasaran Jasa
Pemasaran adalah aliran produk secara fisis dan ekonomik dari produsen melalui pedagang perantara ke konsumen. Definisi lain  menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu/kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain
Sedangkan, jasa adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. Produksinya dapat dikaitkan atau tidak dikaitkan pada satu produk fisik
2.       Karakteristik Jasa
a. Intangibility (Tidak berwujud)
Sebagian pasar menawarkan sesuatu dalam bentuk kombinasi antara elemen berwujud dan elemen tidak berwujud. Hal ini dapat membedakan klasifikasi antara barang dan jasa. Jasa mempunyai sifat tidak berwujud karena tidak bisa diidentifikasi oleh ke lima indera manusia, seperti: dilihat, dirasa, diraba, didengar, atau dicium sebelum terjadi proses transaksi pembelian. Untuk memasarkan jasa ini diperlukan pemikiran yang lebih jauh bagi para pelaksana dibandingkan dengan pemasaran barang.
b. Inseparability (tidak dapat dipisahkan)
Jasa, diproduksi dan dikonsumsi dalam rangka waktu yang sama.Jasa tidak dapat dipisahkan dari sumbernya, apakah sumber itu merupakan orang maupun mesin, disamping itu apakah sumber itu hadir atau tidak, produk fisik yang berwujud tetap ada. Dalam pemasaran jasa, yang penting ialah bagaimana menyalurkannya dalam cara yang tepat (in the “right way”).
c.  Variability (Berubah-ubah)
Jasa dapat mudah berubah-ubah karena jasa ini tergantung  berdasarkan orang(people based), dan berdasarkan  perlengkapan(equipment based). Implikasi dari perbedaan  ini  ialah “outcomes” atau hasil jasa berdasarkan orang(people  based) jasa kurang memiliki standardisasi, dibandingkan  dengan outcomes dari jasa yang berdasarkan  perlengkapan(alat).
d. Perishability (Daya tahan)
Jasa tidak dapat disimpan dan tidak memiliki daya tahan yang  lama karena sifatnya tergantung dari fluktuasi permintaan.
3.       Macam-macam jasa
a. Personalized services
Personal services adalah jasa yang sangat mengutamakan pelayanan orang dan perlengkapannya, seperti tukang cukur, salon kecantikan, laundry, foto. Personalized services dapat digolongkan lagi kedalam 3 golongan yaitu:
Sementara itu, yang sangat perlu diperhatikan dalam pemasaran jasa antara lain adalah, lokasi yang baik, menyediakan fasilitas dan suasana yang menarik, serta nama baik yang bersangkutan. Dalam marketing personal services diusahakan supaya timbul semacam patronage motive yaitu keinginan untuk menjadi langganan tetap. Contohnya patronage ini bisa timbul di dalam usaha laundries, karena kebersihan, layanan yang ramah tamah serta baik, dan sebagainya.
b. Financial services
c.  Public utility and Transportation services
Mempunyai monopoli secara alamiah, misalnya perusahaan listrik, air minum. Para pemakainya terdiri dari: Domestic consumer (konsumen lokal), Commercial and office (perkantoran dan perdagangan), Municipalities (kota praja, pemda).
Sedangkan dalam transportation services, meliputi: angkutan kereta api, kendaraan umum, pesawat udara, dsb. Pelayanan disini ditujukan untuk angkutan penumpang dan angkutan barang.

d. Entertainment
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah usaha-usaha dibidang olahraga, bioskop, gedung-gedung pertunjukan, dan usaha-usaha hiburan lainnya. Metode marketing yang dipakai adalah sistem penyaluran langsung dimana karcis dijual di loket-loket.
e. Hotel services
Hotel merupakan salah satu sarana dalam bidang kepariwisataan. Dalam hal ini hotel perlu mengadakan kegiatan bersama dengan tempat-tempat rekreasi, hiburan, travel biro, dan sebagainya.
4.       Sifat-sifat Pemasaran Jasa
a.  Menyesuaikan dengan selera konsumen
Gejala buyer’s market dimana pembeli berkuasa memperlihatkan suasana pasaran jasa pada saat ini. Kualitas jasa yanng ditawarkan tidak dapat dipisahkan dari mutu yang menyediakan jasa (high contact). Pada usaha jasa yang memakai banyak tenaga orang, harus diberi perhatian khusus terhadap mutu penampilan orang tersebut.Dalam industri high contact, pengusaha harus memperhatikan hal- hal yang bersifat internal, bukan eksternal.
b. Keberhasilan pemasaran jasa dipengaruhi oleh jumlah pendapatan penduduk
kenyataannya makin maju sebuah negara, makin banyak permintaan akan jasa. Hal ini sehubungan dengan hierarki kebutuhan manusia yang mula- mula hanya membutuhkan terpenuhinya kebutuhan fisik, kemudian menginjak pada kebutuhan yang lebih abstrak, yaitu kebutuhan akan jasa. Pada pemasaran jasa tidak ada pelaksanaan fungsi penyimpanan Jasa diproduksi bersamaan dengan waktu konsumsi, jadi tidak ada jasa yang dapat disimpan.
c.  Mutu jasa dipengaruhi oleh benda berwujud (perlengkapannya)
Jasa sifatnya tidak berwujud, karena itu konsumen akan memperhatikan benda berwujud yang memberi layanan., sebagai patokan terhadap kualitas jasa yang ditawarkan. Tugas utama pengusaha jasa adalah mengelola bneda berwujud tersebut agar memberikakan jasa yang memuaskan, sehingga konsumen diberi bukti yang meyakinkan bahwa jasa yang ditawarkannya adalah jasa nomor satu.
d. Saluran distribusi dalam marketing jasa tidak begitu penting
Mengenai saluran distribusi dalam marketing jasa tidak merupakan hal yang penting karena pada umumnya dalam marketing jasa perantara tidak digunakan. Terkadang daya tarik terhadap jasa yang ditawarkan dapat dicapai dengan cara menyalurkan jasa tersebut melalui lembaga usaha yang sudah terkenal.
e. Beberapa problema pemasaran dan harga jasa
Semakin maju rakyat desa, makin meningkat kebutuhannya akan pelayanan kesehatan, mereka mulai membutuhkan tenaga dokter dan spesialis. Faktor tingkat pendidikan masyarakat juga mempunyai peranan penting. Kemudian masalah harga dari jasa, sangat babnyak ditentukan oleh orang atau lembaga yang menghasilakan jasa.
5.       Strategi Pemasaran Jasa
a.  Pemasaran Eksternal (Memikat Langganan)
Pemasaran eksternal menggambarkan aktivitas normal yang dilakukan dalam mempersiapkan produk, menetapkan harga, melakukan distribusi informasi dan mempromosikan produk jasa yang bernilai superior kepada para pelanggan. Salah satu kunci strategi pengusaha- pengusaha jasa adalah menentukan situasi lingkungan. Perusahaan juga harus menjaga hubungan baik dalam jangka panjang dengan konsumen.
b. Pemasaran intern (internal marketing)
Pemasaran intern artinya mengaplikasikan setiap aspek marketing di dalam perusahaan, dan menerapkan teori dan praktek pemasaran, terhadap orang yang melayani langganan,jadi:
v harus dipekerjakan dan dipelihara tenaga kerja yang terbaik.
v Mereka harus bekerja sebaik mungkin.
c.  Mengelola Bukti( managing evidence)
berarti mengelola peralatan yang menghasilakan jasa
Tugas utama pengusaha jasa ialah mengelola benda berwujud tersebut agar memberikan jasa yang memusakan. Banyak cara dapat ditempuh oleh pengusaha jasa untuk mengelola bukti:
Ø Mendisain fisik.
Ø Penampilan rupa.
Ø Harga jasa.
Ø Mengaitkan pemasaran jasa melalui nama perusahaan yang sudah terkenal.
d. Membuat Jasa Berwujud
Menyeimbangkan Penawaran dan Permintaan
Pengusaha jasa yang ingin menyesuaikan penawaran dan permintaan dapat mencoba merubah pola permintaan dan penawaran jasanya, dengan cara:
Ø Memperbanyak Jenis Permintaan.
Ø Memperbanyak Jenis Penawaran.
e. Marketing MIX Pemasaran Jasa
PRODUCT
PRICING
PLACE
PROMOTION
PEOPLE
PROCESS
CUSTOMER SERVICE

7 komentar:

  1. sangat detil dan komplit..terima kasih gan...semoga bermanfaat

    http://bantulkamera.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Grafologi = ilmu menganalisa potensi kepribadian seseorang melalui tulisan tangannya.
    Ina,s.psi, M.Psi,CHA
    psikolog, grafolog dan dosen di USU.
    Phone : 081397080831
    081262626161
    Email : Bundaina7@yahoo.Com
    Kantor : JL.Bromo Ujung no.226
    (Komp.Ruko Hijau) Kec.Medan Area
    Medan - Sumatera Utara

    BalasHapus
  3. eh mas iqbal, thanks yah udah baca blog ku. buat yang lain moga bermanfaat ...

    BalasHapus
  4. Bermanfaat juga artikelnya... mantapp. Makasih


    Persewaan alat pesta & tenda dekorasi surabaya @tendadekorasisurabaya

    http://tendadekorasisurabaya.blogspot.co.id/2016/01/harga-persewaan-alat-pesta-surabaya.html?m=1

    JASA PEMBUATAN BOOTH EVENT & STAND PAMERAN SURABAYA @rumahpameransurabaya
    http://rumahpameransurabaya.blogspot.co.id/2016/01/price-list-event-wedding-properties.html?m=1

    BalasHapus
  5. Bermanfaat juga artikelnya... mantapp. Makasih


    Persewaan alat pesta & tenda dekorasi surabaya @tendadekorasisurabaya

    http://tendadekorasisurabaya.blogspot.co.id/2016/01/harga-persewaan-alat-pesta-surabaya.html?m=1

    JASA PEMBUATAN BOOTH EVENT & STAND PAMERAN SURABAYA @rumahpameransurabaya
    http://rumahpameransurabaya.blogspot.co.id/2016/01/price-list-event-wedding-properties.html?m=1

    BalasHapus
  6. Bermanfaat juga artikelnya... mantapp. Makasih


    Persewaan alat pesta & tenda dekorasi surabaya @tendadekorasisurabaya

    http://tendadekorasisurabaya.blogspot.co.id/2016/01/harga-persewaan-alat-pesta-surabaya.html?m=1

    JASA PEMBUATAN BOOTH EVENT & STAND PAMERAN SURABAYA @rumahpameransurabaya
    http://rumahpameransurabaya.blogspot.co.id/2016/01/price-list-event-wedding-properties.html?m=1

    BalasHapus